Mengatasi Brightness yang tidak Berfungsi di Linux Mint - Lenovo G40-30

Buat kalian pengguna OS Linux Mint dengan Laptop Lenovo G40-30. Apakah kalian pernah mengalami hal seperti saya?

Cerita sedikit. :D
Dulu setelah install Linux Mint, WiFi dan Brightness Laptop saya tidak berfungsi.
Hari demi hari telah terlewati, secara perlahan menemukan cara untuk mengatasi itu semua.
Pertama, menemukan cara Menyalakan WiFi di Lenovo G40-30. tetapi cara tersebut hanya berlaku sementara. Jadi harus Reboot dulu kalo mau gunakan WiFi. Bagi yang ingin baca Artikelnya, Klik DISINI

Kedua, Saya menemukan cara agar Pada permasalahan pertama tersebut agar tuntas. Dengan Maksud, agar WiFi saya bisa secara permanen berfungsi. Tanpa Harus restart dulu. Bagu yang ingin baca artikelnya, Klik DISINI
Ketiga, Saya menemukan cara untuk mengatasi permasalah yang terakhir, yaitu Brightness/Pencahayaan di Laptop saya agar bisa diredupkan. Soalnya dari dulu saya kalo pake linux di Malam hari, Perih di Mata. 

Naah, pada kesempatan ini, saya akan memberikan tutorial untuk mengatasi Permasalahan saya yang terkhir tersebut. Yaitu tutorial agar Brightness/Pencerahan Layar di Linux Mint - Lenovo G40-30 berfungsi.

Seperti ini tampilan laptop saya sebelum menemukan tutorial ini.
Walaupun di arahkan ke paling redup, sama saja hasilnya. tetap Cerah..

Langsung saja ikuti tutorial berikut :


1. Buka Terminal (CTRL+ALT+T).
Masuk sebagai superuser/root :
~$ su

2. Jalankan perintah di bawah ini di terminal untuk mengetahui kartu video apa yang digunakan untuk backlight / brightness Laptop :
# ls /sys/class/backlight/


3. Untuk memperbaiki masalah kontrol kecerahan dengan kartu Intel di Linux Mint
Ketikan perintah berikut membuat file konfigurasi :

# touch /usr/share/X11/xorg.conf.d/20-intel.conf

 4. Sekarang kita perlu mengedit file 20-intel.conf . Anda dapat menggunakan editor apapun baik itu terminal satu atau grafis. Kali ini saya menggunakan Text Editor Gedit.
Ketikan perintah berikut :
# gedit /usr/share/X11/xorg.conf.d/20-intel.conf

5. Maka akan muncul jendela Gedit, dengan tampilan Tanpa Isi (Kosong).
Tambahkan baris berikut di dalam Text Editor Gedit tersebut :
Section "Device"
        Identifier  "card0"
        Driver      "intel"
        Option      "Backlight"  "intel_backlight"
        BusID       "PCI:0:2:0"
EndSection
 
 Klik Save untuk menyimpan perubahan pada file tersebut.

 

6. Restart Laptop kalian dan, Lihat Hasilnya!!
# reboot

7. Akan seperti ini Hasil setalah direstart. Diarahkan ke redup, juga akan redup.
*Mungkin pada gambar diatas sama saja, Tapi, Pada Kenyataannya 100% Berhasil.

 Sumber : http://itsfoss.com/

Cukup sekian tutorial yang bisa saya bagikan pada kesempatan kali ini.
Terima Kasih, Semoga Bermanfaat.
#SalamOpenSource

Komentar

  1. om itu nama file confignya apa harus "20-intel.conf"?
    kalau nama confignya harus itu, kenapa harus "20-intel"?

    BalasHapus
  2. Itu karena krtu video yg saya gunakan untuk Brightness = Intel..
    (Langkah ke 2 dan ke 3)..
    Kenapa kok harus 20-intel.conf..
    Jawabanya: saya juga kurang tau mas.
    Mungkin udah setingan dari Laptop / OS-nya emang gitu.
    Saya dapet tutorialnya juga itu, kebetulan tutotrial yang saya lihat itu juga menggunakan Intel..

    BalasHapus
  3. thx bro, saya uda coba dan berhasil dengan cara yang di atas :)

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Googel SEO

Picosure Laser Bisa Atasi Bekas Jerawat hingga Cegah Kerutan

Mengenal dan Instalasi OwnCloud (CMS FileSharing) di Linux Mint