Membuat Kuis (Pertanyaan) di Moodle v.2.8

Kemarin-kemarin saya sudah membuat tutorial CMS E-Learning (Moodle), yaitu Membuat Pelajaran di Moodle v.2.8, kali ini saya akan membagikan tutorial Membuat Kuis (Pertanyaan) di Moodle v.2.8

Langkah awal, sama seperti membuat Pelajaran.
Langsung saja baca artikel dibawah ini...

1. Buka Moodle di Browser. Ketikan di Address bar http://localhost/moodle/
Jika sudah, Login Sebagai Guru..
Masukan username dan password guru. Klik Login

2. Muncul halaman awal ketika sudah login.
Di gambar diatas merupakan Kategori (Kelas) apa saja yang sudah kita buat sebelumnya.

3. Dan Jika di Klik salah satu Kategori (Misalnya saya Klik Kelas XII) maka akan muncul Kursus apa saja yang telah dibuat di dalam Kategori (Kelas XII).
Sebelumnya saya telah Membuat Kursus Matematika didalam Kategori Kelas XII.
Saya akan klik Kursus Matematika

4. Setelah di Klik, akan muncul tampilan Kursus Matematika.
Silahkan kalian Klik Button Turn editing ON untuk membuat Kuis/Pertanyaan
Maka akan muncul tampilan seperti ini

5.  Dari gambar diatas, dapat dilihat bahwa saya sudah membuat Pelajaran Matematika.
Untuk membuat Soal/Kuis, Silahkan klik +Add an activity or resource
Pilih Quiz di kolom ACTIVITIES. Lalu Klik Add

6. Setelah di Klik, kalian akan diminta untuk mengisi Data untuk Kuis tersebut
--GENERAL--
Pada Name* isi Nama Kuis kalian
Pada Description isi deskripsi dari kuis kalian.


--Timming--
Pada Open the quiz, Close the quiz, time limit Centang pada Enable, itu digunakan untuk memulai Waktu Kuis Dimulai, Selesai, dan Waktu kuis berjalan.
Saya sendiri mengatur seperti ini

Yang Lain Bisa diatur sendiri sesuai keinginan.
Jika Sudah, klik Save and display

7.Jika sudah di klik, akan muncul tapilan seperti ini
Kuis sudah dibuat.. Sekarang kita memulai membuat pertanyaan.
Untuk membuat Pertanyaan, Klik Edit quiz

8. Setelah Edit quiz di klik, maka akan muncul tampilan untuk membuat pertanyaan.
Untuk memulai membuat pertanyaan, klik Add (pojok kanan bawah gambar).
Klik +a new question
 Pada kolom QUESTION pilih jenis pertanyaan apa yang akan kalian pilih..
Disini saya akan memilih Multiple choice (Pilihan Ganda).
Kemudian Klik Add

9. Setelah di Klik Add, akan muncul halaman Adding a Multiple choice question
--GENERAL--
pilih Category dengan yang kalian inginkan. (biasanya pilih Default)
Isi Question name* dengan nama Pertanyaan
Isi Question text* dengan soal yang akan kalian berikan
 Saya mengatur seperti gambar diatas.
--Answers--
Saya membuat 3 pilihan (a, b, c)
Saya mengatur jawab a adalah jawaban yang benar.
Choice 1, 2, dan 3
Pada kolom pertama isi dengan jawaban.
pada pilihan Grade pilih dengan nilai jawaban pada pilihan 1
pada kolom Feedback isi dengan respon ketika siswa memilih pilihan itu
 --Combined feedback--
 Jika ingin mengedit setingan yang lain masih ada Multiple tries, dan Tags
Jika semua sudah selesai, Klik Save changes

10. Jika sudah tersimpan, maka akan muncul halaman Quiz.
Dari gambar diatas, sudah terdapat 1 soal pilihan ganda.
Agar bisa dilihat siswa/murid Klik Add (pojok kanan bawah gambar)
Klik +from question bank
Centang pada pertanyaan yang kalian buat tadi.
kemudian klik Add selected question to the quiz
Jika sudah akan kembali ke halaman kuis

11. Jika ingin melihat pertanyaan tersebut, klik MTK di navbar.
Kuis&Pertanyaan Kuis 1 sudah dibuat.
Untuk melihat, klik Kuis 1
 Klik Preview quiz now
Klik Start attempt
 Saya mencoba memilih jawaban yang benar..
Kemudian klik Next
Kemudian klik Submit all and finish
Klik Sumbit all and finish
 Klik Finish review (pojok kiri bawah gambar)
Selesai sudah membuat pertanyaan..
Silahkan diedit sendiri..
Terima Kasih

Komentar

  1. Bagaimana caranya agar saya bisa masuk ke quiz kakak? Biar saya juga bisa jawab??
    Saya tunggu responnya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk bisa melakukan/mejawab quiz, maka user harus di enroll terlebih dahulu..
      Terima Kasih.. Semoga Bermanfaat :)

      Hapus
  2. Sudah di enroll tetapi masih belum bisa jika dibuka di Pc orang lain?
    mohon bantuannya !!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Agar bisa di akses oleh PC Orang lain, maka anatar PC 1 dengan PC 2 harus terhubung ke koneksi/jaringan yang sama.
      #CMIIW

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengatasi Brightness yang tidak Berfungsi di Linux Mint - Lenovo G40-30

Picosure laser semarang